Tips Ampuh Menjaga Kesehatan Bulu Kucing Dari Kerontokan

Siapa di antara kalian yang suka memelihara kucing di rumah? Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan berbulu yang sangat lucu. Akan senang bagi kita, jika melihat kucing kita dapat beraktifitas dengan ceria, tetapi akan sangat tidak suka jika bulu kucing mudah rontok. Pada kesmepatan ini, kami akan membagikan tips cara mengatasi bulu kucing yang mudah rontok. Penasaran? Yuk, langsung saja simak daftar lengkap di bawah ini

Cara Menjaga Kerontokan Pada Bulu Kucing

1. Menghindari Kucing Dari Stres

Kucing merupakan hewan yang sama seperti manusia, di mana mereka dapat stres. Jika kucing sudah stres, maka bulu kucing akan mengalami kerontokan. Mulailah untuk lebih perhatian dengan kucing kalian dan lebih sering mengajak kucing kalian bermain. Kalian juga dapat membelikan mainan baru, agar kucing kalian senang dengan mainan baru. Atau kalian bisa membawa kucing kalian untuk konsultasikan kepada dokter hewan, agar tahu penyebab stres yang ada pada kucing kalian.

2. Rajin Memandikan Kucing

Hewan ini secara normal, bisa kalian mandikan satu kali sebulan atau bisa juga satu minggu sekali. Gunakan shampo yang cocok dengan bulu atau kulit kucing kalian. Karena kerontokan bulu kucing, salah satunya dipengaruhi karena kesalahan pada merek shampo kucing yang tidak cocok. Jadi kalian bisa coba mengganti shampo kucing yang lain.

3. Mengganti Makanan Kucing

Makanan kucing juga dapat menjadi pengaruh pada kerontokan bulu kucing. Jika makanan kucing tidak cocok, kalian dapat mengganti makanan kucing kalian dengan merek lain. Jenis makanan kucing bisa kalian sesuaikan dengan jenis makanan yang sesuai dengan kucing kalian.

4. Rajin Menyisir Bulu Kucing

Selanjutnya kalian bisa menyisir bulu kucing secara teratur. Karena jika bulu kucing rontok, pastinya akan membuat risih orang rumah. Kalian bisa menggunakian sisir khusus untuk kucing kalian, tujuannya agar bulu kucing yang sudah rusak atau tua, dapat terganti oleh bulu yang baru.

5. Menjaga Kebersihan Rumah

Tips lainnya adalah menjaga kebersihan lingkungan kucing agar selalu terjaga dengan bersih. Faktor lingungan juga sangat berpengaruh pada kerontokan bulu kucing. Jika kondisi kandang kucing kotor, maka dapat menyebabkan timbulnya jamur ataupun parasit yang dapat menyerang kulit kucing kalian dan membuat bulu menjadi lebih rontok.

6. Memberi Makanan yang Bergizi

Kalian bisa melebatkan bulu kucing dan tidak rontok adalah dengan memperhatikan pemberian makanan yang bergizi pada kucing. Di mana kalian bisa memberikan kuning telur yang belum matang, minyak ikan, memberi mineral serta vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh imun kucing, karena hal ini sungguh ampuh dalam menjaga kekuatan bulu yang dimiliki kucing kesayangan kalian.

7. Memberikan Cukup Sinar Matahari

Dan yang terakhir, kalian bisa memberikan kucing kalian untuk berjemur. Sinar matahari ampuh dpaat menguatkan bulu serta menghilangkan jamur, bakteri, dan juga parasit yang menempel pada tubuh ataupun bulu kucing. Kalian bisa membiarkan kucing untuk berjemur di pagi hari, kira-kira selama 10 menit secara rutin.

Nah itu dia, beberapa tips yang bisa kalian lakukan untuk menjaga kesehatan bulu kucing kesayangan kalian. Cintai kucing kalian dengan memeperhatikan setiap hal yang ada pada kucing kalian. Dengan ini, kucing akan dapat tumbuh sehat, dan juga merasakan kenyamanan yang prima dalam setiap aktivitas yang kucing lakukan.