Cara Mencegah & Penanganan Virus Flu Pada Anjing

Flu pada anjing pastinya akan membuat pemilik merasakan sedih dan pusing karena hal ini. Saat anjing terkena flu pastinya akan membuat penciuman anjing berkurang. Hal ini juga akan membuat anjing berkurangnya nafsu makan, karena anjing makan berdasarkan aroma makanan. Jika mereka tidak dapat mencium aroma makanannya, mereka akan menyentuh makanannnya. Nah, kali ini kami akan merekomendasikan cara yang tepat dalam mengatasi berbagai penyakit flu pada anjing. Berikut adalah tip-tipnya sebagai berikut ini.

Tips Mengatasi Pilek Pada Anjing

1. Membawa Anjing ke Dokter

Anjing merupakan seekor hewan yang menimbulkan berbagai gejala saat sedang flu, diantaranya adlaah seperti susah makan. Disini kalian bisa segera memeriksa keadaan anjing peliharaan kalian. Apakah anjing kalain sedang menderita flu? Karena flu sendiri dapat berakibat fatal pada penciuman anjing jika tidak segera diobati. Hal ini juga akan membahayakan anjing kalian jika tidak makan dalam jangka waktu yang panjang. Anjing yang masih berusia 1 hingga 5 bulan akan sangat rentan terkena flu.

2. Melakukan Vaksinasi

Untuk anjing peliharaan kalian lakukan vaksinasi saat dirinya masih berusia kecil. Hal ini dapat menjaga kekebalan tubuh anak anjing yang masih belum kuat atau stabil. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk memeriksa keadaan anjing setiap harinya selalu sehat.

3. Mengenali Gejala Anjing yang terkena Flu

Berikutnya adalah kalian bisa melihat hidung anjing peliharaan kalian apakan basah berlebihan, kalian patut curiga keadaan anjing kalian agar lebih meyakinkan apakah anjing ini terserang pilek atau tidak. Kalian bisa menggunakan senter dengan mengarahkan cahayanya ke lubang hidung. Jika sudah kalian bisa segera memberikan pengobatan kepada anjing kalian dengan sesegera mungkin.

4. Harus Secara Cepat Ditangani Jika Terinfeksi

Jika flu yang baru muncul dan tidak segera kalian tangani dengan baik, hal ini akan terjadi secara berkepanjangan. Dimana hal ini dapat menimbulkan berbagai infeksi di saluran pernafasan bagian atas, karena adanya bakteri serta virus yang berkembang dalam saluran pernafasan bagian atas. Oleh sebab itu, tidak usah heran jika anjing kalian mengeluarkan lendir putih dan lama kelamaan berwarna hijau. Bahkan ada juga beberapa hingga muncul belek berlebihan di mata anjing peliharaan kalian.

5. Memperhatikan Suhu Tubuh

Suhu tubuh pada anjing disebut dalam keadan normal, jika berada diantara 380 Celcius hingga 39.10 Celcius. Suhu ini tentu akan lebih tinggi dibandingkan suhu tubuh normal manusia jika berada pada suhu 36.410 hingga 37,510 Celcius. Jika suhu tubuh anjing kalian melebihi suhu normal tersebut, kalian bisa menyangka bahwa dirinya terkena demam. Pada saat anjing mengalami demam tinggi, ia akan menggigil sehingga akan berusha mencari tempat yang hangat.

6. Lakukan Istirahat yang Cukup

Dan yang terakhir adalah dengan membiarkan mereka banyak istirahat. Karena anjing akan lebih sering tidur saat dirinya terkena flu. Hal ini juga bisa disebabkan karena pengaruh obat flu yang dikonsumsi. Hal tidur, sangat mereka sukai, karena anjing akan kehilangan kemampuan indera penciumanya.

Nah itu dia beberapa tips yang harus kalian lakukan dalam mengatasi anjing peliharaan kesayangan kalian yang terkena flu. Hal ini harus kalain lakukan, agar dapat mengatasi penyakit flu pad anjing kesayangan kalian. Jaga dan lakukan beberapa hal diatas agar anjing peliharaan kesayangan kalian dapat kembali berceria.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>