Cara Menjaga Kesehatan Ikan Cupang

0 Comments

Siapa di antara kalian, yang hobi memelihara ikan cupang? Ikan cupang sangat banyak disukai karena memiliki tubuh yang cantik serta mudah dipelihara. Cupang juga merupakan seekor ikn yang memiliki daya tahan yang mengagumkan. Ia juga berbeda dengan jenis ikn hias lainnya, di mana ia tidak memerlukan filter ataupun aerator. Ikan cupang dapat hidup dengan baik tanpa keseimbangan ph pada kada air ataupun suhu air. Hanya saja, ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan agar ikan cupang “betta fish” tetap sehat, terutama pada bagian ekor cupang. Penasaran? Simak daftar lengkap di bawah ini.

Tips Merawat Kesehatan Hewan Peliharaan Cupang Hias

1. Menjaga Kualitas Air

Tips pertama yang harus kalian perhatikan adalah dengan menjaga kualitas air. Karena kualitas air dapat mempengaruhi kesehatan ekor cupang. Kalian dapat mengganti air setiap beberapa hari sekali, direkomendasikan untuk menggnti air setiap 1 minggu dua kali. Kalian dapat mengganti seluruh atau setengah air yang ada. Hanya saja, jika kalian ingin mengganti seluruh air, kalian harus mengendapkan air tersebut paling sedikit selama tiga jam.

2. Gunakan Daun Ketapang Kering

Daun ketapang merupakan antibiotik alami oleh seekor cupang. Di mana daun ini memiliki kandungan yang dapat menyembuhkan berbagai macam luka ataupun ekor yang robek. Penambahan daun ketapang juga akan memberikan ph air yang optimal. Oleh sebab itu, berikan daun ketapang kering agar kesehatan mereka terjaga. Kalian dapat membelinya di toko ikan hias, di mana air yang diberi daun ketapang akan berubah menjadi kekuningan. Daun ketapang yang bagus adalah daun ketapang yang bisa kalian peroleh di daerah pesisir pantai.

3. Gunakan Garam Ikan Secukupnya

Garam khusus ikan hias ini berfungsi sebagai penyeimbang osmosis dalam tubuh ikan cupang. Dengan garam ini, dapat membantu penyembuhan luka serta menstabilkan metabolisme tubuh ikan. Jangan gunakan garam yang terlalu banyak, di mana dosis normalnya adalah 0,1% dari air, atau 10 gram per-liter. Dosis garam ikan hias jangan terlalu tinggi, karena akan membahayakan kesehatan sirip pada ikan cupang kalian.

4. Memindahkan Cupang Secara Halus

Ekor ikan sangatlah halus serta rapuh, di mana sentuhan halus saja dapat merusaknya. Kalian dapat coba menuangkan ikan beserta dengan airnya sekaligus. Atau kalian bisa menggunakan serok ikan yang halus, dengan menyerok ikan secara perlahan dan halus.

5. Memberi Makanan yang Bergizi

Dan yang terakhir adalah kebutuhan pokok sehari-hari yang harus dilengkapi segala kebutuhannya. Tidak hanya manusia saja yang memerlukan makanan bergizi, ikan cupang juga memerlukan gizi serta nutrisi yang bergizi. Dalam hal pakan atau pelet tidak akan pernah lebih bergizi daripada pakan hidup yaitu, jentik nyamuk, kutu air, ataupun cacing sutra. Untul memberikan makanan terbaik untuk ikan cupang adalah dengan menggunakan jenis makanan pakan hidup ini. Kalian bisa mendapatkan pakan ikan tersebut di tempat perikanan, toko ikan hias, bahkan kalian bisa mencari sendiri jentik nyamuk ataupun kutu airnya.

Itu dia 5 tips cara merawat ikan cupang yang baik, agar ikan cupang kalian selalu sehat dalam kondisi apapun. Rawatlah secara teratur, agar ikan cupang kalian tetap sehat dan tetap tampil cantik serta mempesona. Bahkan kalian juga bisa membudidayakan ikan cupang dengan harga penjualan yang berkualitas juga sobat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *