Cara Merawat Kucing yang Terkena Pada Masalah Jamur

Salah satu jenis hewan peliharaan yang populer ialah kucing. Kucing merupakan hewan lucu yang menggemaskan dan memiliki banyak peminat. Selain jenis yang bermacam-macam, tingkah laku kucing ini jugalah sangta lucu yang mana membuat orang ingin menjadikannya sebagai hewan kesayangan. Dalam merawat kucing, kita juga harus memperhatikan kesehatan hewan peliharaan dengan saksama. Salah satu hal yang paling sering terjadi pada hewan berbulu ialah tumbuhnya jamur. Yuk, langsung saja simak merawat kucing yang terkena penyakit jamur, berikut ini.

Tips Merawat Kucing Dengan Masalah Jamur

1. Memberikan Vitamin

Cara yang pertama adalah dengan kalian memberikan vitamin. Untuk menjaga daya tahan tubuh kucing, tidak hanya melalui pemberian maknan yang bergizi saja. Tetapi diperlukan jugapemberian vitamin yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh kucing bahkan mempercepat kesembuhannya. Sebelum memberikan vitamin, kalian juga lebih baik konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter hewan. Di mana kalian bisa mencampurkan vitamin ke dalam minuman maupun makanan kucing agar lebih mudah dikonsumsi kucing.

2. Menjaga Bulu Agar Tetap Kering

Selanjutnya adalah dengan menajga bulu kucing agar selalu tetap kering. Untuk memastikan kekeringan pada bulu kucing, kalian bisa meletakkan kucing di tempat yang terkena sinar matahari. Selain itu baik juga untuk pertumbuhan kucing, di mana sinar matahari dapat menekan pertumbuhan jamur. Tetapi ada baiknya, jika kalian tidak menjemur kucing terlalu lama agar kucing tidak mudah kepanasan ataupun stres. Jika kalian mendapati bulu kucing dalam kondisi basah, segera lakukan lap bulu kucing sampai kering. Karena bulu kucing yang basah jika dibiarkan saja dapat meningkatkan pertumbuhan jamur.

3. Menggunakan Shampo Khusus

Cara merawat kucing lainnya adalah dengan memandikannya menggunakan shampo khusus. Kebersihan tubuh kucing akan sangat diperlukan. Kalian juga bisa memandikan kucing agar bulunya terbebas dari debu dan juga kotoran, dan pastinya akan membuat kucing kalian tidak mudah terinfeksi kucing. Jika kucing kalian mengalami jamuran, kalain bisa mandikan dengan sampo anti jamur. Shampo ini berbeda karena mengandung 2% ketoconazol ataupun 0,5 – 5% sulfur. Kalian bisa memandikan kucing 2 kali dalam seminggu agar lebih maksimal. Dengan kandungan ketoconazol atau sulfur sampo anti kutu dapat membantu mempercepat kesembuhan kucing dari infeksi jamur.

4. Menjaga Kebersihan kandang

Dan yang terakhir adalah dengan memperhatikan kebersihan kandang kucing. Kandang yang bersih dapat menjaga pertumbuhan jamur. Untuk menjaga kebersihan kandang, kalian juga bisa membersihkan kandang paling tidak 2 hari sekali. Kalian bisa menyikat kandang dengan menggunakan sabun agar bersih. Setelah selesai, kalian bisa mengeringkan kandang di bawah sinar matahari. Jika sudah benar kering, kalian bisa memasukkan kucing dalam kandang kalian. Kotak pasir dalam kandang juga harus dibersihkan. Yang mana kalain bisa membuang pasir yang terkena urin kucing dan ganti dengan pasir yang baru.

Nah itu dia beberapa tips yang bisa kalian lakukan untuk mencegah adanya pertumbuhan jamur pada kucing. Lakukan beberapa tips di atas secara teratur, agar tidak berkembangnya bakteri pada sebuah kandang. Tips yang kami sarankan di atas adalah tips mutakhir yang bisa kalian gunakan untuk membantu mencegah adanya pertumbuhan jamur pada kucing. Sekian tips ini kami bagikan, semoga dapat membantu kalian dalam mengatasi jamur pada kucing kesayangan kalian, terima kasih.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>