Cara Menjaga Kesehatan Ikan Hias yang Wajib Kalian Ketahui!

Siapa di antara kalian yang gemar memelihara ikan? Ikah hias biasanya akan dipelihara baik dalam akuarium maupun berbagai kolam yang akan menjadi wadah tempat tinggal ikan kalian. Untuk menjaga kesehatan hewan peliharaan kalian berupa ikan hias adalah dengan cara seperti berikut di bawah ini. Kali ini kami akan membagikan beberapa tips ampuh yang dapat menjaga kesehatan ikan yang wajib kalian ketahui. Penasaran? Langsung saja simak daftar lengkapnya berikut di bawah ini.

Tips Menjaga Kesehatan Ikan Hias yang Perlu Kalian Ketahui

1. Akuarium Harus Memadai

Tips yang pertama ini merupakan salah satu hal yang harus kalian miliki saat ingin memlihara sebuah makhluk hidup. Dimana kalian harus memperhatikan apakah akuarium bersih. Jika akuarium yang ingin kalian gunakan belum dalam keadaan bersih, kalian bisa mencuci akuarium tersebut menggunakan sabun. Agar akuarium lebih kesat dan memadai saat digunakan. Kemudian kalian bisa isi dengan air cecukupnya terlebih dahulu. Air sendiri merupakan kehidupan ikan yang harus ada untuk tempat kehidupan ikan hias kalian. Hanya saja untuk pengisian air akuarium juga tidak boleh begitu penuh, kalian bisa mengisinya sampai dengan 3 perempat saja. Kalian juga bisa masukkan beberapa batu alam yang dapat membuat PH dalam keadaan stabil.

2. Membuat Ventilasi udara

Jika kalian tidak menutup akuarium kalian, maka kemungkinan bisa saja ikan kalian melompat keluar. Oleh sebab itu, penting bagi kalian memastikan semuanya tertutup agar tidak melompat. Kalian juga harus membuat ventilasi agar dapat memberikan udara yang optimal kepada ikan.

3. Mengganti Air

Untuk jadwal penggantian air akuarium ini sendiri paling lambat selama 1 minggu sekali yang bisa kalian gunakan sebuah selang berukuran kecil berdiameter 1 cm. Tetapi jangan menguras air, kalian perlu menyisakannya saja sebanyak 25% saja lalu membiarkan menggantinya dengan air baru.

4. Menghindari Jamur & Penyakit

Kalian juga haris bisa melakukan pemeliharaan akuarium agar dapat terhindar dari jamur. Kalian bisa memasukkan garam ikan di akuarium sebanyak 0.1 % saja dan menjaga suhu air agar membuat ikan kalian nyaman di akuarium yang mini, suhu air yang normal dan bagus untuk tempat tinggal ikan adalah berada di angka 27 hingga 28 derajat celcius yang merupakan batas maksimal yang harus kalian ketahui.

5. Hindari Paparan Sinar Matahari Secara Langsung

Akuarium yang sudah terisi ikan yang memperoleh paparan sinar matahari secara langsung akan memicu banyaknya ganggang hijau yang membuat aquarium kalian mudah kotor dan terlihat kehijauan. Hal ini pastinya akan sangat buruk untuk kesehatan ikan itu sendiri.

6. Menghindari Air dan Resiko Klorin

Dan yang terakhir adalah air ledeng memiliki kandungan klorin yang tinggi. Jika air terus saja digunakan sebagai media pemeliharaan ikan dalam akuarium kecil tetntu saja ikan yang kalian peliharan akan mati dan mendapatkan racun. Oleh sebab itu pastikan air yang kalian gunakan dalam aquarium maupun kolam bebas dari klorin maupun kaporit.

Nah itu dia 6 tips menjaga kesehatan ikan yang wajib kalian ketahui. Sekian informasi ini kami sampaikan, semoga dapat menambah wawasan serta pengetahuan untuk kalian semua. Sekian informasi ini kami sampaikan, semoga tips ini dapat membantu para sobat sekalian yang memeliharan ikan di rumah. Lakukan tips diatas ini untuk membuat ikan hias kalian selalu dalam keadaan sehat.