Tips Cara Menjaga Kesehatan Hewan Peliharaan Landak Mini di Rumah

Hewan peliharaan sangatlah beragam, di mana kalian diberi kebebasan memilih beragam jenis hewan peliharaan yang ingin kalian miliki. Hanya saja untuk memelihara, pasti pentingnya kalian menjaga kesehatannya bukan? Landak mini sendiri merupakan hewan nokturnal yang aktif di malam hari dan tidur saat siang hari. Memelihara landak mini menjadi salah satu tren di lingkaran para pecinta binatang, karena hewan ini terkenal lucu dan menggemaskan. Nah, kali ini kami akan memberikan tips bagaimana cara kalian menjaga kesehatan Landak peliharaan kalian agar tetap sehat secara prima. Yuk, langsung saja simak tips lengkapnya di bawah ini.

Cara Menjaga Kesehatan Landak Mini

1. Mengenali Karateristik Landak Mini yang Dipunyai

Tips yang pertama adalah kalian akan diharuskan mengetahui jenis karakteristik apa yang dipunyai hewan landak ini. Apakah landak yang kalian punya berkarakter pemalu, penglihatan buruk, ataupun duri yang mudah rontok. Dengan kalian mengetahui apa jenis karakteristik yang dimiliki landak kesayangan kalian. Pastinya akan memudahkan kalian merawat Landak ini sesuai dengan keperluan yaang dibuuhkannya.

2. Memberikan Kandang & Alas yang Nyaman

Selanjutnya kalian harus memberikan material kandang yang nyaman dan baik bagi landak mini kalian. Kandang yang baik sendiri berbahan dasarkan logam atau plastik. Untuk alasnya sendiri, landak sangat suka dengan serbuk kayu. Oleh sebab itu, isilah kandang landang tersebut dengan serbuk kayu yang berguna sebagai alas tempat tidur landak mini kalian.

3. Memberi Tempat Makan & Minum

Tempat makan dan minum merupakan hal wajib yang harus kalian sediakan dalam kandang peliharaan kalian. Tetapi kalian juga harus memperhatikan penempatannya dengan baik agar tidak mudah tumpah . Kalian bisa menggunakan material yang berat serta atur bpenempatan agar tidak terguling dan tidak membasalah alas tidur serbuk kayunya. Dan ada baiknya jika kalian melengkapi kandang dengan hiburan mainan putaran yang akan membuat dia aktif, ceria, dan tidak mudah stres.

4. Memberikan Asupan yang Tepat

Kalian harus memperhatikan jenis asupan gizi yang baik untuk menjaga kesehatan landak mini. Landak mini di alam liar, sangat menyukai asupan serangga, cacing, ulat, kaki seribu, mealworm, siput, hewan kecil, bahkan aneka buah-buahan. Kalian juga bisa memberikan makanan kering khusus landak mini di pet shop. Tidak lupa juga kalian harus menyediakan vitamin hewan untuk landak agar terjaga tubuhnya tetap sehat dan prima.

5. Memandikan Secara Teratur

Dan yang terakhir Landak mini memerlukan mandi agar tubuhnya tidak bau dan kesehatannya tetap terjaga prima. Cara memandikannya juga dibilang cukup mudah, hanya perlu menyiapkan ember kecil berisi air, sikat gigi, serta sampo ata sabun bayi. Kalian bisa memasukan landak mini ke dalam ember dan tuang sampo bayi ke tubuhnya dan sikat secara perlahan. Bagian yang sangat perlu dibersihkan adalah pada bagian perut dan sela-sala pada tubuhnya. Setelah itu kalian bilas tubuhnya hingga bersih dan pastikan tidak ada sisa sampo yang tersisa. Setelah kalain membilasnya, keringkan tubuh dengan kain atau handuk bersih.

Nah itu dia 5 tips penting kalian menjaga kesehatan hewan peliharaan landak kalian agar tetap sehat. Kebersihan dan kesehatan hewan peliharaan merupakan salah satu hal yang penting dan harus selalu diingat, karena jika hewan peliharaan kita sudah terserang penyakit akan membuat kita sedih. Dan jangan dianggap remeh sumber penyakit daripada hewan peliharaan juga kana membahayakan pemiliknya terserang penyakit juga.