Tips Cara Mengatasi Iritasi Mata Pada Anjing

Anjing merupakan salah satu hewan lucu berbulu yang banyak dipelihara oleh masyarakat di Indonesia. Dimana anjing juga bisa terkena infeksi mata akibat adanya serangan virus maupun bakteri. Mata yang terkena infeksi, biasanya akan terasa gatal, membengkak, memerah, bahkan mengeluarkannkotoran pada sisi pinggir mata. Infeksi ini juga dapat menyebabkan kerusakan pada mata yang dapat memicu pada kebutaan. Untuk mengatasi ini, kalian bisa periksakan hewan kalian kepada dokter hewan untuk memperoleh diagonosis resmi perawatan medis agar penyakit matanya tidak semakin parah. Kali ini kami akan merekomendasikan beberapa cara mengatasi mata infeksi pada anjing yang harus kalian ketahui.

Mengatasi Diagnosis Mata Pada Anjing

1. Menanyakan Perbedaan Antara kotoran Dengan Infeksi Mata Pada Dokter Hewan

Kotoran mata dan gejala iritasi pada mata mungkin akan tampak mengganggu dan tidak membuat nyaman pada anjing. Dimana anjing bisa mengeluarkan kotoran mata akubat benda asing yang masuk ke dalam mata, alergi, goresan pada mata, maupun kondisi mata kering. Dimana najing juga pernah mengalami sumbatan pada saluran air mata. Oleh sebab itu serahkan hal ini pada dokter hewan.

2. Membiarkan Dokter Hewan Memeriksa Mata Anjing

Tips selanjutnya adalah biarkan dokter hewan melakukan pemeriksaan, karena hal ini dapat membantu dokter hewan menentukan masalah pada penglihatan anjing akibat infeksi mata. Dokter hewan juga akan memeriksa masalah yang ada di sekitar mata anjing yang bengkak atau paralisis. Dokter akan memeriksa kemerahan yang ada di bagian atau jaringan bola mata anjing, serta memeriksa kotoran mata anjing yang berwarna dan juga kental.

3.Menggunakan Waslap Hangat Untuk Membersihkan Kotoran Mata Anjing

Untuk menggunakan waslap jangan gunakan waslap yang sama, karena hal ini akan menyebabkan goresan serta dapat merusak mata. Kalian jugab harus membersihkan mata anjing dengan menggunakan larutan pada alat tetes. Lakukan penetesan ini dalam mata anjing sebanyak 3 hingga 4 kali sehari.

4. Pasangkan Corong yang Akan Menghindari Penggarukan Serta Mencungkil Mata

Untuk mencegah anjing menggarus serta menggores mata, hal yang bisa kalian lakukan adalah tidak membiarkan anjing mengeluarkan kepala dari jendela mobil saat berpergian, karena hal ini kemungkinan serangga dan demi bisa mengiritasi matanya dan membuat inferksinya smeakin parah. Jika kalian sudah melakukan pengobatan menggunakan tetes mata anjing, yang harus kalian lakukan selanjutnya adalah menggunakan corong pada anjing agar tidak membuat anjing ingin menggaruk atau menggores matanya yang sedang terinfeksi.

5. Jauhkan Anjing dari Tempat Berdebu

Dan yang terakhir adalah berusaha untuk menjauhkan anjing dari kamar maupun area berdebu yang selama masa pemulihan infeksi matanya. Kalian harus mencegah anjing bermain di tempat berdebu, karena hal ini dapat mencegah mata anjing terinfeksi kembali atau bahkan membut infeksi mata anjing semakin parah. Pastikan anjing berada di kawasan ayng bersih dan bebas dari kotoran maupun debu yang dapat membuat matanya semakin iritasi.

Nah itu dia 5 tips yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi penyembuhan pada mata anjing yang terinfeksi. Lakuakn tips di atas in dan berikan pengobatan secara rutin agar pengobatan mata anjing dapat dilakukan secara maksimal dan cepat. Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga membantu dan terima kasih sobat sekalian. Jaga dan sayangilah hewan kalian dengan menjaganya tetap dalam kondisi badan yang prima.