MUSIM DINGIN AKAN TIBA, INI DIA CARA MERAWAT BURUNG YANG BAIK DAN BENAR

Saat ini musim yang datang memang sulit ditebak, rasanya tidak akan hujan tetapi nyatanya hujan turun sangatlah deras. Ditambah lagi sedang pandemi seperti ini, membuat kamu harus tetap berada pada kondisi yang sehat dan bugar. Agar sistem imun yang ada dalam tubuh itu tidak menjadi kendor, tetapi tidak hanya pada manusia untuk dapat menjaga sistem imun tubuh dan mempersiapkah menghadapi musim pancaroba seperti ini. Karena hewan peliharaan pun membutuhkan persiapan untuk dapat menghadapi musim pancaroba seperti ini, salah satunya adalah burung. Untuk kamu yang memiliki peliharaan burung di rumah, rawat burung dengan cara yang tepat disaat musim dingin seperti ini.

Jangka waktu untuk musim pancaroba itu ada selama tiga bulan, yaitu dari bulan Oktober sampai dengan bulan Desember. Rasanya cuaca sangat dingin menusuk ketika sore hari sampai dengan malam hari, tetapi ketika siang hari sangalah panas. Benar – benar kondisi yang sulit untuk ditebak, membuat kesehatan pada burung pun bisa menjadi terganggu. Penyakit yang bisa datang kepada burung ketika sedang musim seperti ini adalah influenza juga tetelo. Perubahan pada cuaca yang tidak dapat diprediksi ini, dapat membuat burung merasakan rasanya stress dengan mudah. Agar menghindari penyakit tersebut datang ke dalam tubuh burung peliharaan kamu, maka dari perhatikan cara – cara berikut ini tentang merawat burung yang benar.

1.Menjauhkan Burung dari Terjangan Angin

Menjauhkan Burung dari Terjangan Angin

Ketika cuaca sedang baik – baik saja, mungkin memang lebih baik burung digantang di depan rumah agar dia bisa mendapatkan udara yang cukup. Tetapi ketika musim pancaroba seperti ini rasanya burung peliharaan kamu untuk di simpan di dalam rumah. Karena angina dan udara ketika musim seperti ini burung untuk kesehatan dari burung.

Karena anginnya yang kencang juga dingin, bisa membuat burung menjadi rentan untuk terkena penyakit. Jadi lebih baik untuk menyimpannya di dalam rumah saja. Hanya saja ketika pagi hari, kamu bisa menjemurnya seperti biasa di luar rumah. Tetapi ketika cuaca sedang mendung alias tidak ada sinar matahari yang menyinari lebih baik menggunakan kehangatan buatan.

2.Burung yang Harus Tetap Dijemur

Burung yang Harus Tetap Dijemur

Tidak hanya manusia saja yang membutuhkan vitamin untuk dapat menjaga ketahanan tubuhnya. Hewan peliharaan juga membutuhkannya, salah satunya adalah burung. Burung merupakan hewan yang membutuhkan vitamin D yang berasal dari pancaran sinar matahari. Karena itu akan membuat daya tahan dari tuuhnya bisa lebih kuat dan baik.

Waktu yang tepat untuk menjemurnya adalah ketika pagi hari ketika matahari pagi muncul. Tapi ketika cuaca sedang mendung dan tidak mendukung untuk matahari bisa memberikan cahayanya. Maka kamu dapat menggunakan lampir pijar, simpan lampu tersebut diatas ayam. Karena dengan cara seperti ini juga bisa membuat ayam menjadi hangat.

3.Memberi Pakan yang Dapat Menghangatkan Tubuh

Memberi Pakan yang Dapat Menghangatkan Tubuh

Tidak hanya diberikan perawatan dari luar saja, tetapi dari dalam tubuh burung pun harus diperlakukan dengan baik. Salah satunya adalah dengan memberikan pakan yang bisa memberikan kehangatan pada tubuh burung. Kamu bisa memberikan ramuan jamu tradisional, dimana ramuan tersebut jahe, madu, kencur dan lain – lain.

Untuk tambahan makanannya juga ada seperti ulat hong kong, kroto, jangkrik, dan hewan – hewan yang bertubuh kecil lainnya. Bila ingin memberikan dampak atau efek yang maksimal bisa memberinya sedikit lebih banyak.

Itulah beberapa cara mewat burung di cuaca musim dingin.