Panduan Cara Merawat Kelinci Peliharaan di Rumah

Kelinci merupakan salah satu hewan yang cukup disukai oleh sebagian besar orang. Seperti yang kita tahu, jenis hewan yang satu ini memiliki gigi yang besar dan tidak boleh sembarangan dalam memelihara. Cara merawat kelinci agar cepat besar, panjang, serta sehat kalian harus mengetahui beberapa tipnya terlebih dahulu. Yuk, langsung saja simak daftar berikut tips panduan merawat hewan peliharaan kelinci di rumah.

Cara Menjaga Kesehatan hewan Peliharaan Kelinci

1. Mencari Tahu Jenis Makanan & Minuman yang Baik Untuk Kelinci

Kelinci merupakan hewan herbivora yang artinya mereka mengonsumsi makanan berupa tumbuh-tumbuhan. Pastikan juga kalian sudah menyetok makanannya di rumah. Buah-buahan merupakan makanan yang kaya vitamin, layaknya seperti wortel, apel, dan pepaya yang bagus untuk kelinci. Tumbuh-tumbuhan seperti rumput dan hay juga bagus untuk kelinci, hanya saja jangan memberikan sayuran hijau, karena mengandung banyak gas yang akan membahayakan kelinci.

2. Hindari Kelinci dari Stres

Stres tidak hanya dapat dirasakan oleh manusia saja, kelinci dan hewan peliharaan lainnya juga dapat stres. Dan stres ini sendiri akan membahayakan kesehatan hewan peliharaan. Oleh sebab itu, kita harus menjaganya agar tidak mudah stres, karena kelinci termasuk salah satu hewan peliharaan yang mudah stres. Karena jumlah sel neuron dalam otak yang terbiasa mengalir pendek, sehingga segala hal yang menganggu mudah sekali membuat kelinci tertekan.

Ada beberapa hal yang harus kalian ketahui dalam menghindari kelinci dari stres, seperti:

  • Kandang yang terlalu besar ataupun kecil

Pentingnya penyesuaian ukuran kandang dengan kelinci yang kalian miliki. Hewan kecil berbulu ini akan membutuhkan kandang yang dapatmemberikannya sedikit keleluasan dalam bergerak dalam kandang, dan jangan terlalu kecil karena akan membuat mereka terasa dikepung oleh kandang.

  • Porsi Makanan Harus Seimbang

Sistem pencernaan kelinci cukuplah rumit, sehingga menjaga keseimbangn makanan mereka sangatlah penting. Kalian harus mengimbangi mkanan inti dengan vitamin agar dapat tumbuh sehat.

  • Jangan Sering Diangkat atau Digendong

Kelinci bukanlah seekor hewan manja, layaknya anjing dan kucing. Kelinci lebih menyukai ruang gerak yang luas dibandingkan harus digendong setip saat. Walaupun menggemaskan, jangan terlalu sering dipeluk ya, karena akan membuat kelinci ini terasa sesak dan stres.

  • Penyediaan bok kotoran

Urin dan kotoran pastinya akan membahayakan bgi kesehatan hewan peliharaan, sama halnya dengan kelinci. Oleh sebab itu, untuk menjaga kebersihan ada baiknya kalian menyediakan boks kotoran serta menjaga kebersihan kandang denagn membersihkan kandang paling lama seminggu 2 kali.

3. Memandikan Kelinci

Cara merawat kelinci adalah dengan hrus memandikannya secra teratur. Sama layaknya dengan hewan peliharaan kucin ataupun anjing, bulu kelinci juga dapat dengan mudah kotor karena debu, air, ataupun minyak. Kelinci akan membutuhkan perhatian lebih ekstra dibandingkan peliharaan lainnya, karena hal bulu mereka sangat tebal dan rentan terkena kotoran dan udara sekitar yang membuatnya menggumpal.

Apabila dibiarkan, gumpalan tersebut akan berubah menjadi bakteri dan menyebabkan gatal, atau yang sering disebut jamur pad ahewan peliharaan. Oleh sebab itu, pentingnya memandikan kelinci kalian dua minggu sekali. Kalian bisa menggunakan sikat halus untuk menyisiro badan kelinci setelah diguyur air hangat. Dan gunakan sampho khusus kelinci yang tidak mengandung terlalu banyak bahan kimia. Pastikan mereka tidak terendam air, karena hal ini akan membuatnya cepat stres sobat.

Itu dia beberapa tips cra menjaga kesehatan kelinci peliharaan kesayangan kalian. Sekian informasi ini kami sampaikan, semoga membantu sobat sekalian.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>