Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi Pada Anjing

Memelihara hewan peliharaan anjing merupakan salah satu hewan yang tidak hanya sebatas memberikan pakan pada anjing tumbuh maupun berkembang dengan baik. Kesehatan anjing juga berada pada daerah mulutnya, dimana hal ini sangat penting untuk kita perhatikan. Kebersihan sebuah gigi dan gusi harus dijaga, agar tidak ada masalah yang terjadi pada rongga mulut, terutama gusi maupun gigi. Masalah dalam rongga mulut biasanya akan membuat anjing kehilangan nafsu makan dan juga menyebabkan bau mulut yang ada pada anjing.Bau mulut pada anjing juga disebabkan karena dari beberapa faktor yang mana salah satu faktor ialah kebersihan dan juga pemilihan pangan yang berpengaruh. Mengapa kebersihan mulut dan gigi pada anjing sangat penting dan bagaimana cara melakukannya? Simak lengkapnya berikut di bawah ini.

Mengapa Pembersihan Mulut & Gigi Sangat Penting

  • Agar dapat mebngatasi bau mulu anjing yang tidak sedap. Dimana hal kebersihan mulut dan gigi ini akan sangat berhubungan dengan bau mulut anjing.
  • Karena dapat menyebabkan peningkatan pertumbuhan bakteri serta jamur yang ada dalam mulut anjing, sehingga akan sangat rentan terhadap resiko infeksi. Beberapa diantaranya dapat menyebabkan gangguan pernafasan apabila masuk ke dalam sinus pada anjing.
  • Kurangnya kebersihan mulut dan gigi juga dapat menimbulkan plak atau karang gigi yang dapat menimbulkan iritas pada gusi sehingga akan menyebabkan kesakitan pada gigi, abses, kerops, dan juga tanggal. Oleh sebab itu, anjing juga menjadi kurang nafsu saat makan.
  • Timbulnya plak pada gigi dan menyebabkan karies atau infeksi. Dimana baktei dapat berkembang dan menimbulkan karies pada gigi, atau disebut Streptococcus Mutans, Streptococcus Salivarius, Steptococcus Viridians, dan juga Peptostr eptokokus.

Cara Menjaga Kebersihan Gigi Anjing

  • Membersihkan gigi dengan menggunakan sikat dan pasta gigi anjing yang bisa kalian lakukan secara rutin.
  • Kalian juga bisa membersihkan anjing makanan tulang-tulangan yang dapat bermanfaat saat membersihkan kotoran, sisa makanan, dam juga plak yang mucul pada permukaan gigi.
  • Jika terjadi penumpukan plak, anjing peliharaan kalian harus dibawa ke dokter hewan. Agar di dokter dapat melakukan teeth cleaning yang dapat menghindari dari kerusakan gigi. Proses teeth cleaning juga bisa kalian lakukan dengan proses pembiusan atau anastesi agar anjing tidak banyak melakukan pergerakan saat dilakukan pembersihan.
  • Memberikan makanan kering pada anjing
  • Memberikan vitamin pada anjing peliharaan kalian agar dapat menjaga kesehatan gigi secara rutin dan sangat dianjurkan. Dimana pemberian vitamin sangat penting dilakukan saat ini. Hal ini memiliki peran untuk mencegah resiko terbentuknya karang pada gigi anjing.
  • Sikat gigi anjing kalian secara rutin agar tidak menimbulkan bakteri dan kuman yang tersisa pada mulut anjing kesayangan kalian. Hal ini juga berperan agar gigi anjing kesayangan kalian terus ada dalam kondisi sehat dan dapat memiliki fungsi yang optimal.

Nah ini dia bebebrapa hal yang harus kalian perhatikan agar tidak menimbulkan sakit pada anjing kesayangan kalian. Hal ini sangat penting untuk kalian jaga, agar anjing kalian teteap sehat secara prima dan terhindari dari segala virus maupun bakteri yang ada pada mulutnya. Karena jika gigi atau mulut anjing terkena masalah, akan besar kemungkinan nafsu makan anjing kesayangan kalian juga berkurang. Sekian informasi ini kami sampaikan, semoga dapat bermanfaat untuk anjing hewan peliharaan kesayangan kalian. Itu dia semoga membantu ya sobat!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>