MEMBUAT ANJING PELIHARAAN SELALU SEHAT, INI DIA CARA MERAWATNYA

Hewan berkaki empat dengan kecerdasan yang menjadi daya tarik untuk orang – orang memeliharanya. Selain kecerdasan yang dimilikinya, anjing memiliki bentuk dan wajah yang menggemaskan. Tidak diragukan lagi bahwa hewan ini menjadi hewan yang banyak dipelihara diseluruh dunia. Anjing bisa menjadi hewan yang sangat penurut dan juga setia kepada majikannya. Ini sudah dibuktikan oleh orang – orang yang memelihara anjing, bahkan sudah ada film dokumenter tentang anjing yang sangat setia kepada majikannya. Padahal majikannya sudah meninggal, tetapi dia setia menunggunya. Kalian pasti sudah tahu dengan film ini bukan, yang menguras air mata saat melihatnya. Kecerdasan anjing yang sudah dimilikinya sedari lahir, bila terus dilatih dan diasah akan menjadi anjing yang luar biasa. Sekarang sudah banyak cara untuk bisa melatih anjing.

Banyak sekali jenis juga ras anjing ini, yang bisa kamu pilih menyesuaikan dengan selera kamu. Ada yang senang memelihara anjing yang berukuran besar, ada juga yang senang memelihara yang ukurannya kecil. Dari jenis bulunya saja sudah berbeda – beda, sehingga kamu harus bisa mengenalinya. Mungkin untuk pecinta anjing sudah bisa mengetahui ras atau jenisnya, hanya dengan melihatnya saja. Memiliki binatang peliharaan memiliki kesenangan tersendiri, karena seperti punya teman yang bisa menemani kamu. Selain itu anjing juga bisa menjadi penghibur kamu dikala sedang sedih, karena mereka adalah hewan yang penyayang. Meskipun wajahnya ada yang sangar dan menyeramkan. Tetapi mereka juga hewan yang manja, tapi kepada majikannya saja. Agar anjing peliharaan kamu bisa terus berada dalam keadaan sehat, kamu harus pintar dalam merawatnya, ini dia caranya.

1.Memberikan Makanan Dengan Kandungan Gizi yang Lengkap

Gizi yang Lengkap

Makanan menjadi faktor pendukung dalam pertumbuhan dari anjing peliharaan kamu. Pastinya kamu untuk memberikan makanan yang memiliki kandungan gizi yang lengkap, sehingga bisa menunjang pertumbuhannya yang sehat. Tentunya umur mereka mempengaruhi dari kebutuhan nutrisi yang dibutuhkannya. Contohnya untuk anak anjing kasih makanan yang berbentuk konsentrat, sehingga bisa  mendapatkan seluruh gizi yang dibutuhkan.

Untuk anjing yang sudah dewasa kamu bisa memberikan makanan yang menyesuaikan dengan kebutuhannya. Terdapat dua jenis makanan anjing, yaitu dogfood serta makanan yang kamu buat sendiri. Makanan yang sudah jadi atau dogfood, kamu bisa membaca manfaat yang diberikannya. Tetapi untuk makanan yang dibuat sendiri kamu lebih bisa memfokuskan kepada nutrisi apa yang dibutuhkannya saja.

2.Grooming Anjing Diwaktu yang Tepat

Grooming Anjing

Biasanya untuk memandikan hewan peliharaan menjadi hal yang sulit. Karena mereka tidak mau diam dan bisa lari kesana kemari, jika kamu memang belum terbiasa. Jadi kamu bisa menggunakan jasa di petshop untuk menggrooming anjing peliharaan kamu. Sebaiknya kamu memandikannya sejak mereka masih anak – anak. Sehingga mereka sudah terbiasa dengan air, saat dewasa nanti sudah tidak takut atau sulit lagi.

Bila kamu ingin memandikannya di rumah, usahakan untuk menggunakan shampoo yang mempunyai PH kira-kira tujuh. Pakailah shampoo khusus anjing yang tepat.

3.Perawatan Bulu

Perawatan Bulu

Bulunya yang lebat membuat kutu bisa saja bersarang didalamnya atau bahkan jamur. Ini tidak baik untuk kesehatan anjing, bisa membuat bulu rontok yang membuat kecantikan dari anjing menjadi menurun. Rawatlah bulu anjing dengan rajin menyisir rambutnya, juga memandikannya. Sehinga bulu mereka tidak ada yang kusut dan bisa menghindari rontok.

4.Sikat Gigi

Sikat Gigi

Sama dengan manusia, bila tidak sikat gigi akan memberikan dampak yang buruk untuk gigi juga mulut. Jadi rutinlah untuk menyikat gigi, memakai pasta gigi dan sikat gigi untuk anjing.

Itulah cara yang bisa kamu ikuti, agar anjing peliharaan kamu tetap sehat dan bersih.