Tips Ampuh Menjaga Kesehatan Burung Kalian Dari Pilek

Indonesia termasuk sebagai negara tropis yang dihadiri musim panas dan juga hujan. Dimana musim hujan yang datang ini hadir dan menjadi berkah bagi semua orang yang ada. Tetapi harus ada yang wajib kalian waspadai saat musim hujan, adalah pada saat musim kemarau ke musim hujan atau yang disebut sebagai musim pancaroba. Musim pancaroba ini sendiri memiliki perubahan cuaca yang ekstrim bagi tubuh yang tidak sehat dan kuat. Maka akan secara mudahnya virus memasuki tubuh kalian dan akan menjadi biang penyakit.

Siapa di antara kalian yang suka sekali memelihara burung cantik di rumah kalian. Burung juga merupakan salah satu hewan yang akan rentan terkena flu saat terjadinya musim pancaroba. Oleh sebab itu jaga dan rawatlah burung kalian agar tidak cepat mati. Perawatannya sendiri harus hati-hati dan ekstra saat musim hujan. Yuk lihat gejala dan cara mengatasi burung peliharaan kalian yang terkena virus flu, berikut ini.

Gejala Flu Pada Burung yang harus Dihindari

Burung yang terkena flu pasti akan memunculkan berbagai gejala diantaranya adalah seperti

  • Nafas burung peliharaan yang tidak lancar sehingga akan disertai bunyi.
  • Burung peliharaan akan bersin bersin dan juga batuk.
  • Lubang hidung burung kesayangan kalian juga akan mengeluarkan cairan dan lendir.
  • Burung burung akan terlihat lemas, lesu, dan juga kedinginan.
  • Nafsu makan burung kalian juga akan berkurang
  • Dimana saat hujan turun burung kalian juga akan mengembangkan bulunya.

Nah jika gejala gejala ini muncul pada hewan burung peliharaan kalian. Kalian harus secara cepat mengatasinya dan menanggulanginya. Karena jika tidak secara cepat diatasi akan membahayakan burung kesayangan kalian. Nah, kami juga akan membantu kalian dalam memberikan tips mengobati gejala flu pada burung peliharaan kesayangan kalian. Simak cara pengobatannya juga berikut ini.

Cara Mengobati Burung Peliharaan yang Terkena Flu

1. Menjauhkan burung peliharaan yang sakit dari burung peliharaan yang lainnya

Hal yang pertama ini merupakan salah satu tips untuk mencegah terjadinya penularan pada burung peliharaan kalian yang lainnya agar tidak tertular virus flu juga. Seperti yang kita tahu, flu merupakan sebuah virus yang paling mudah menularkan ke unggas peliharaan kalian lainnya, bahkan hingga manusia sekalipun.

2. Menaruh Burung di Ruangan yang Tertutup

Pastikan burung kalian berada di ruangan yang teduh dan tidak terkena angin. Karena burung yang terkena flu akan mudah merasakan kedinginan dan malah akna memperburuk flu hewan peliharaan kalian.

3. Kandang Burung Peliharaan Sebaiknya Di Kerodong

Hal ini merupakan salah satu tips yang bisa kalian gunakan, karena seperti yang kalain tahu bahwa flu merupakan salah satu virus yang sungguh membahayakan bahkan dapat menular hingga manusia saja. Oleh sebab itu, pentingnya kandang peliharaan burung kalian yang terkena flu untuk segera di kerodong.

4. Memasang Lampu Bohlam Sebesar 5 Watt

Kalian juga bisa memasang lampu bohlam untuk penghangat burung peliharaan kalian agar tidak merasa kedinginan atau bahkan tidak akan memperparah sakit flunya.

5. Memberikan Pakan dan Minum yang Teratur

Kalian harus memberi makan serta minum speerti biasanya dengan jam yang sama, agar burung tidak akan mudah merasa lemas.

6. Memberikan Vitamin Pada Burung

Burung kalian haris diberikan vitamin yang guna dapat menjaga kekebalan tubuh merekja serta meningkatkan kekebalan tubuh pada burung.

Nah itu dia beberapa tips yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi burung peliharaan kalian dari virus flu yang meghadang.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>