Tips Cara Menjaga Kesehatan Anjing Peliharaan

0 Comments

Untuk kalian yang memiliki hewan peliharaan anjing di rumah. Akan senangnya jika hewan peliharaan tersebut dapat sehat beraktivitas dengan ceria dan menggemaskan. Selain itu kesehatan hewan peliharaan kita juga akan mempengaruhi kesehatan pemilik juga. Oleh sebab itu, untuk kalian yang memiliki hewan peliharaan anjing di rumah.

Ada beberapa hal yang akan kami bagikan kepada kalian untuk menjaga kesehatan hewan yang baik dan benar. Di beberapa hal yang akan kami bagikan ini juga akan membicarakan seputar menjaga pola makan dengan makanan yang berkualitas, melakukan perawatan dokter hewan, dan emlakukan yang terbaik untuk menyediakan lingkungan yang sehat dan penuh cinta. Yuk, langsung saja simak daftar di bawah ini.

Tips Menjaga Kesehatan Anjing Peliharaan

1. Menjaga Pola Makan yang Baik

Pola makan dan kualitas gizi makanan hewan akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan hewan peliharaan. Oleh sebab itu, kita harus menjaga pola makan dan kualitas makanan yang baik untuk hewan. Adapun yang harus kalian perhatikan, adalah memberi makanan dan cemilan anjing yang memiliki kualitas tinggi serta bergizi seimbang.

Karena gizi makanan yang akan dimakan peliharaan kita akan menjadi sebuah nutrisi utama hewan tersebut. Bahan-bahan yang merupakan bahan utama makanan anjing adalah daging dan sayuran. Kalian juga harus menghindari bahan pengganti dalam makanan anjing yang dapat membahayakan kesehatan anjing. Kita juga harus memperhatikan anjing yang memiliki kesensitifan atau intoleransi terhadap sebuah makanan.

2. Berhati-Hatilah Saat Memberi Makanan Manusia Kepada Anjing

Makanan manusia tentu dapat membahayakan atau membunuh anjing. Karena tidak semua tubuh anjing dapat memetabolisme makanan seperti manusia. Untuk kalian yang membuat makanan anjing sendiri, kalian juga harus mengetahui nutrisi hewan atau dokter hewan yang memiliki pengetahuan seputar nutrisi makanan peliharaan. Oleh sebab itu, hal ini akan memastikan pola makan anjing bernutrisi seimbang.

Ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan untuk tidak mengonsumsi makanan berupa anggur, kismis, cokelat, alpukat, adonan dengan ragi, kacang-kacangan, alkohol, bawang bombai, bawang putih, lokio, dan permen karet tanpa gula (sebagian besar mengandung xilitol).

3. Memberikan Cemilan Anjing

Kalian juga bisa menambahkan sedikit kalori pada jatah kalori harian maknan anjing. Hal ini dapat membantu pertambahan berat badan anjing. Kalian juga dapat mencoba memberikan cemilan rendah kalori seperti wortel, buncis kalengan, atau sepotong kecil ubi.

4. Berikan Air Segar Untuk Minum Anjing

Anjing juga akan membutuhkan banyak air bersih agar tubuhnya dapat bekerja dengan baik dan optimal. Air yang bersih dan segar, bisa kalian ganti air setidaknya sekali dalam sehari. Yang pertama kalian harus membersihkan mangkuk atau ember air minum terlebih dahulu menggunakan sabun cuci piring dan air sesekali. Kemudian bersihkan dan keringkan wadah sebelum menambah air segar. Hal ini harus diperhatikan, karena bakteri atau ganggang dapat tumbuh dan berkembang dalam mangkuk, teruma di musim kemarau.

5. Menjaga Berat Badan Anjing

Pastikan untuk anjing peliharaan kalian tidak memiliki kelebihan berat badan. Jika anjing kalian memiliki kelebihan berat badan hingga 10% – 20% dari berat bdana ideal, hal ini dapat dinyatakan sebagai obesitas. Anjing yang obesitas memiliki resiko lebih rentan terkena penyakit kanker, jantung, diabetes, osteoartritis, dan batu kandung kemih.

Itu dia 5 hal yang harus kalian perhatikan untuk dapat emnajaga kesehatan anjing peliharaan selalu prima. Kalian harus memperhatikan kesehatan peliharaan kalain, agar anjing peliharaan kesayangan kalian akanterus sehat dan ceria dalam beraktivitas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *