Tips Cara Menjaga Kesehatan Burung di Rumah

0 Comments

Untuk kalian yang hobi memelihara burung di rumah, ada beberapa hal yng haarus kalian perhatikan untuk tetap menjaga kesehatan burung. Pastinya setiap pemilik hewan peliharaan menginginkan hewannya tetap dalam kondisi sehat dan aktif. Untuk menjaga kesehatan yang baik pada hewan peliharaan burung, ada beberapa tips yang harus kalian lakukan untuk tetap menjaga kesehatan serta keaktifan burung peliharaan kalian. Yuk, langsung saja simak tips yang ada di bawah ini.

Cara Menjaga Burung Peliharaan Agar Tetap Sehat

1. Melakukan Pengembunan Burung

Daftar yang pertama ini adalah lakukan terlebih dahulu proses pengembunan pada burung peliharaan. Di mana sekitar pukul 5 pagi letakkan sangar di batang pohon atau di depan rumah. Dengan hal ini, burung dapat menghirup udara segar yang belum terkontaminasi oelh polusi sehingga pernapasan akan lebih baik. Pengembunan akan penting bagi burung untuk dapat merasakan suasana seperti pada habitat aslinya.

2. Menjemur Burung

Hal kedua yang bisa kalian lakukan adalah menjemur burung pada pagi hari dan sore hari. Burung juga memerlukan udara segar di pagi hari. Hal ini akan membantu burung memiliki badan yang sehat dan tidak mudah terserang penyakit. Kalian dapat menggantung kandang burung di depan rumah sekitar pukul 7 pagi. Biarkan burung terkena sinar matahari agar tubuh merasa hangat dan kaya akan vitamin D. Sinar matahari pagi juga akan membantu menghilangkan jamur serta kuman yang berada dalam sangkar maupun tubuh burung.

3. Tidak Menjemur Burung di Bawah Sinar Matahari

Untuk berjemur, juga tidak boleh berada di bawah sinar matahari secara langsung. Sama halnya dengan manusia yang terkadang tidak kuat berdiri lama di bawah sinar matahari. Sama halnya dengan burung, kalian dapat meletakkan burung di tempat yang sejuk pada siang hari. Burung juga akan rentan sakit apabila kalian letakkan mereka di bawah sinar matahari.

4. Memandikan Burung Secara Teratur

Kalian juga dapat memandikan burung secara teratur agar dapat memerlukan kesegaran pada tubuhnya. Gunakan waktu yang baik dalam memandikan burung adalah saat pagi hari setelah proses penjemuran. Dengan hal ini, kalian akan mendapatkan burung yang bersih serta bulu yang mengkilap.

5. Membersihkan Kandang Burung Secara Rutin

Kalian juga harus memperhatikan kebersihan kandang yang harus selalu terjaga. Bersihkan kandang burung setiap hari dengan menyingkirkan segala ktoran yang hendak menempel dan mengganggu. Karena hal ini akan menjadi sumber penyakit bagi burung peliharaan kalian. Burung juga senang jika dapat tinggal di tempat yang bersih dan nyaman.

6. Penyemprotan Pada Kandang

Selain jamur dan penyakit, kalian juga dapat menyemprot kandang burung selama satu minggu sekali dengan vitamin burung. Kalian dapat menyemprotkan semua kandang kemudian jemur hingga kering agar tidak mudah terserang kutu.

7. Memberi Makanan Burung

Beragam jenis makanan burung bisa membantu pertumbuhan mereka, contohnya seperti jangkrik, kroto, ulat, cacing, dan lain sebagainya. Porsi makanan mereka juga harus diberi variasi, kalian juga harus memberikan multivitamin, di mana burung akan sehat dan menjadi lincah dan aktif, sehingga suara kicau akan semakin lancar didengar.

Itu dia 7 tips menjaga kesehatan burung peliharaan agar tetap terjaga kesehatan dan kenyamanan tempat tiggalnya. Sekian informasi ini kami sampaikan semoga membantu kalian yang sedang mencari informasi seputar cara menjaga kesehatan burung peliharaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *