Tips Cara Menjaga Kesehatan Hewan Peliharaan Hamster

0 Comments

Dari sekian banyak pilihan hewan peliharaan yang ada, salah satu yang paling mudah untuk kita rawat adalah hewan peliharaan bernama Hamster. Hewan ini memiliki ukuran kecil, tetapi juga biaya yang dibutuhkan untuk merawatnya. Hamster merupakan hewan peliharaan yang cenderung bersih dan child-friendly sehingga anak-anak juga dengan leluasa dapat bermain bersama hamster. Nah, kali ini kami akan memberikan beberapa tips untuk kalian yang punya peliharaan berupa hamster di rumah. Inilah cara-cara menjaga kesehatan hewan peliharaan hamster. Simak panduang lengkapnya di bawah ini.

Tips Merawat Kesehatan Hewan Peliharaan Hamster

1. Rajin Mengganti Serbuk Kayu

Tips pertama untuk kalian yang memelihara hewan peliharaan hamster adalah jangan malas untuk mengganti serbuk kayu hamster. Karena serbuk kayu tersebut berperan sebagai alas tidur serta penghangat, sekaligu penyerap urin hamster. Serbuk kayu sendiri harus diganti 3 hari sekali dan tidak boleh dibiarkan basah karena hal ini akan menyebbkan sumber penyakit bagi hamster. Sebelu mengganti serbuk kayu baru, ada baiknya kalian mencuci kandang dan semua mainan hamsternya telrebih dahulu. Setelah dikeringkan, kandang diisi dengan serbuk kayu. Kalian juga dapat menggunakan serbuk kayu beraroma agar kandang hamster bebas dari bau.

2. Rutin Mengganti Air Minum

Kalian juga harus memastikan kebersihan air minum hamster tersebut. Pastikan air minum hamster diganti agar tetap bersih dan segar. Ketersediaan air minum yang cukup juga akan membuat hamster lebih hydrated, nyaman, serta senang. Jangan hanya mengganti air saja, kalain juga perlu mencuci botol airnya agar tetap bersih. Pastikan memasang botol air pada ketinggian yang dapat dicapai oleh hamster dan pastikan tidak ada kebocoran pada botol air.

3. Mandikan Hamster Dengan Pasir

Hamster sebaiknya tidak dimandikan dengn air karena sangat rentan terhadap kelembaban udara. Meskipun begitu, mereka juga tetap butuh dimandikan dengan pasir mandi (bathing sand). Pasir mandi memiliki butiran halus dan lembut serta memiliki aroma yang segar. Tidak hanya membersihkan hamster, pasir mandi juga berfungsi untuk menghilangkn bau tidak sedap dan membuat bulu hamster lebih lembut. Kalian juga bisa memandikan dengan cra menuangkan pasir mandi pada sebuah wadah dan membiarkannya bermain di atas pasir selama beberapa menit.

4. Memperhatikan Pemberian Makanan Pada Hamster

Selanjutnya kalain dapat membeli makanan hamster dari pet shop yang sekantongnya terdiri dari berbagai biji-bijian yng disukai oleh hewan hamster. Kalian juga bisa memberikan snack hamster, berupa sedikit kacang-kacangan, wortel, popcorn tawar, hingga roti gandum. Perlu kalian ingat jug, ada beberapa makanan yng sama sekali tidak boleh diberikan pada hamster adalah makanan manis, asin, jeruk, almond, hingga kentang mentah.

 5. Tidak Boleh Menjemur Hamster di Bawah Sinar Matahari

Dan yang terakhir adalah hamster merupakan hewan nokturnal alias aktif pada malah hari dan tidur di siang hari, sehingga mereka tidak membutuhkan terlaalu banyak paparan sinar maatahari. Oleh sebab itu, hamster sebaiknya tidak dijemur dan disarankan menempatkan hamster pada tempat yang teduh dan tenang. Karena tempat yang rami dan bising akan membuat hamster terganggu dan tidak dapat beraktivitas dengan nyaman.

Nah itu dia beberapa tips cara menjaga kesehatan hewan peliharaan hamster. Perhatikan beberapa tips yang ada di atas ini agar hamster kalian dapat beraktivitas aktif serta ceria.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *