Tips Menjaga Kesehatan Bulu Kenari Agar Tidak Kusam

Burung merupakan salah satu unggas yang banyak disukai oleh beberapa kalangan yang ada. Dimana terdapat kenari yang merupakan salahs atu jenis varian burung kicau yang memiliki warna bulu yang sangatlah cantik. Selain itu, burung ini juga terkenal akan kicauan yang sungguh menarik dan memiliki suara yang khas. Hanya saja, untuk membuat burung kenari ini tetap sehat, kita juga harus melakukan perawatan yang benar dan tepat. Seperti halnya memberikan makanan, minuman, memandikan, menjemur, serta hal lain sebagainya.

Untuk menjaga kesehatan fisik burung ini bisa kita lihat dari bulu-bulunya. Dimana kebanyakan burung kenari ini memiliki kekusaman akibat kurangnya lemak maupun minyak. Dimana burung ini sebenarnya memiliki berbagai bulu yang lembut dan membuat bulu burung ini juga telah didominasi dengan warna yang dominan kuning. Tetapi beberapa strain bulu yang dimiliki burung ini juga berwarna unik, seperti halnya merah, hitam, hijau, dan juga biru. Penasaran? Yuk, langsung simak tipsnya berikut ini.

Rekomendasi Menjaga Kesehatan Bulu Kenari yang tidak Kusam

1. Pemberian Minyak Ikan

Tips yang pertama ini bisa kalian lakukan dengan cara memberikan minyak ikan yang telah dicampur je dalam pangan burung. Dimana cara pemberian ini juga dengan cara menyampurkan minyak ikan dan juga bijian maupun sayuran atau telur puyuh rebus. Jika berlebihan, hal ini juga akan membahayakan kesehatan bulu pada burung kenari. Minyak ikan ini mampu memberikan kesehatan bulu burung agar terlihat semakin menawan dan tidak terlihat kusam.

2. Memberikan Sayuran Hijau

Selanjutnya adalah memberikan makanan dengan menggunakan sayuran hijau. Dimana sayuran berwarna hijau ini memiliki banyak kandungan vitamin dan juga betacarotin. Hal ini sangat baik untuk kita menjaga kecerahan bulu burung kenari agar semakin mulus dan juga tidak kusam.

3. Air Mandi

Untuk menjaga kesehatan bulu kenari agar tidak kusam adalah dengan mencampurkan air mandi dengan menggunakan jeruk nipis. Air mandi ini juga bisa dicampur dengan menggunakan jeruk nipis dengan membantu membersihkan kotoran dan juga lemak yang telah menempel di dalam bulu. Dengan ini menjadikan bulu kenari lebih bersinar dan sehat. Kalian bisa menggunakan lima tetes jeruk nipis dalam ukuran 1 liter air mandi. Selain itu kalian juga bisa mencampurkan 1 gram garam inggris ke dalam air mandi sebanyak 1 liter.

4. Memberi pakan yang Sesuai

Berikan makanan berbagai jenis buah dan sayuran yang mengandung unsur penting dan bisa membantu menjaga kesehatan bulu dan membuatnya berkialuan. Dimana kalian bisa menggunakan ubi jalar, wortel, toamt, paprika merah, byam, dan juga selada. Kalian juga bisa merawat bulu kenari dengan memberikan jenis makan yang sesuai. Hal ini akan memberikan pengoptimalan kesehatan bulu pada burung serta dapat memperindah bulu burung di berbagai jenis apapun itu.

Nah itu dia 4 daftar jenis cara ayng bisa kalian gunakan untuk menajga kesehatan bulu pada burung kesayangan kalian. Sekian tips ini kami bagiakn, semoga tips ini bisa memberikan rekomendasi kepada kalian untuk bisa menjaga kesehatan bulu burung lebih lagi. Untuk tips kesehatan hewan peliharaan lainnya, kalian bisa simak lengkapnya di artikel kami. Itulah dia tips terbaik yang bisa kalian lakukan untuk membuat burung kalian tampak menawan dan mempesona, sekian tips ini kami bagikan, terima kasih.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>