Tips Merawat Sugar Glider, yang Wajib Pemula Ketahui!

Sugar Glider merupakan salah satu hewan lucu yang banyak dipelihara oleh para pecinta binatang, seperti hamster. Masih ada beberapa hewan yang masih tidak jahu jenis apakah hewan ini? Sugar glider merupakan hewan berjenis marsupilami yang termasuk sebagai hewan noktural atau hewan yang aktif di malam hari. Banayk para pemilik hewan ini yang tidak mengetahui bagaimana cara merawatnya. Nah, kali ini kami akan membagikan beberapa tipsnya.

Cara Merawat Sugar Glider Lucu Terbaik

1. Menyediakan Kandang

Tips yang pertama ini merupakan salah satu tempat tinggal yang penting dan merupakan salah satu hewan yang aktif dan memerlukan kandang yang luas untuk memudahkannya bergerak bebeas. Kandang ini juga memiliki ukuran minimal yang idel yaitu tinggi sebesar 30 cm dengan lebar 60 cm dan jarak diantara jeruji yang tidak melebihi ,25 cm. Akan lebih baik jika kalian menyiapkan ukuran kandang yang jauh lebih besar agar sugar glider bisa bermain secara leluasa. Untuk penggunaan kandang sendiri, hindari penggunaan bagan galvanis yang mudah berkarat dan menyebabkan hewan kalian infeksi kandung kemih.

Kalian bisa gunakan jaring atau dengan jeruji horizontal yang membuat sugar glider bisa memanjat dalam kandang. Kalian juga bisa siapkan botol dot hamster agar tidak mudah tumpah di sekitar kandang. Sediakan alas baki utnuk menampung kotoran dan sisa makanan agar mudah dibersihkan, dimana kalian bisa menaruh pouch atau bantalan. Kalian juga bisa siapkan kantung yang berbahan wol atau kain dengan lubang besar untuk dimasuki sugar glider. Taruh kandang di tempat yang mudah dijangkau mata manusia dan dekat dengan pemilik agar cepat jinak.

2. Makanan dan Minuman

Untuk tips satu ini harus tersedia dalam 3 komponen utama dalam makanan yaitu protein, buah, dans ayur. Termasuk juga vitamin yang bisa menjadi proses pembentukan energi. Minyuman yang bisa kalian gunakan adalah air yang disaring dan bukan air tanah. Air juga bisa kalian campur dnegan buah sebanyak 3 kali dalam seminggu.

3. Perawatan Kuku

Kuku merupakan salah satu hal yang wajib diperhatikan oleh pemilik pada hewan peliharaannya. Kuku ini juga cukup panjang dan bisa membuat tangan kalian terluka saat memegangnya. Kalian bisa memotongnya dan harus hati-hati agar tidak melukainya. Potong kuku jangan terlalu dalam, karena hal ini akan membuat sugar glider kalian terluka dan berdarah, segera lakukan perawan agar tidak mudah terinfeksi.

4. Memandikan Agar Sehat

Dan yang terakhir ini merupakan salah satu tips yang harus kalian lakukan yaitu memandikan sugar glider kalian. Jika jarang memandikannya, bulu sugar glider kalian bisa mengeluarkan aroma tidak sedap akibatnya terkena air seni maupun kotorannya. Sama dengan hamster yang tidak bisa terkena air secara langsung dan disarankan untuk memandikan hewan ini dengan teknik kering hanya dengan menggunakan tisu basah. Bila hewan ini cukup bau, kalian bisa menggunakan sampo yang bisa membersihkan badan dan bulunya. Kalian bisa bilas dengan tisu basah dan keringkan dengan menggunakan handuk.

Nah itu dia 4 tips yang bisa kalian gunakan untuk menjaga sugar glider kalian dari sakit. Tips ini kalian gunakan untuk menjaga kesehatan hewan tetap prima. Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga dapat menjadi informasi dan pengetahuan bagi kalian para pemilik sugar glider.