Tips Rawat Ikan Cupang

0 Comments
Rawat Ikan Cupang

Punya hewan peliharaan adalah hal menyenangkan sekali, kali ini kita akan bersama – sama membahas tips cara rawat ikan cupang nan mudah & benar. Tidak banyak orang suka memelihara ikan, sebab tidak mudah melengkapi semua perlengkapan seperti akuarium / kolam dan lain sebagainya. Ada 3 macam jenis ikan cupang yaitu, hias, aduan, dan cupang liar. Spesies kecil 1 ini terkenal dengan mouth breeder, menjaga pertahanan diri mereka melalui sebuah cairan dikeluarkan dari mulut. Serta beberapa diantaranya saat sedang bertarung mengandalkan sarang terbuat dari busa (bublle nest).

Beberapa Cara Sederhana Rawat Ikan Cupang

Rawat Ikan Cupang

  1. Wadah

Apapun wadah untuk menempatkan ikan ini asalkan bisa menampung air pastinya sah – sah saja. Toples atau kotak lainnya bisa dipakai dan tentunya lebih ekonomis, namun akan lebih baik lagi jika membeli sebuah aquarium kalau memang anda pencinta ikan hias sejati. Harga dari aquarium bervariasi tidak selalu mahal kok, kamu dapat menemui dari harga 100.000.

  1. Air

Ikan liar / hias tentunya bernafas menggunkan insang didalam air, jadi pastikan kamu menyediakan stok air bersih & sehat sehingga mereka tetap hidup baik. Semakin besar wadah tempat tinggal nya, maka jumlah kapasitas air juga lebih banyak. Tidak hanya dilihat dari ukuran wadah, jumlah ikan dalam wadah itu harus diperhatikan pula, sehingga mereka mmapu bernafas secara mudah.

  1. Makanan

Ikan cupang memiliki cara makan yang unik, mereka lebih suka makanan yang mengapung pada bagian permukaan atas air. Dan mereka akan mengkonsumsinya perlahan – lahan, sebab ukuran mulut sangat kecil. Jangan memberi makanan terlalu banyak, karena ikan cupang kurang bisa mengontrol porsi. Jika menaruh takaran nan banyak, biasanya beberapa akan mati kekenyangan.

  1. Rawat Wadah Ikan Cupang

Ikan cupang juga selalu berkembang biak secara normal, proses pembuangan makanan dan lain – lain terjadi dalam wadah nan sama. Selama seminggu bakal kamu temui kotoran menumpuk pada bagian bawah wadah / aquarium. Dalam seminggu sekali setidaknya anda harus membersihkan rumah dari ikan cupang tersebut untuk merawat kesehatan ikan.

Merawat ikan cupang dengan benar adalah salah satu poin yang terdapat pada hak asasi hewan / binatang. Jadi selalu pedulilah terhadap keberlangsungan makhluk hidup lainnya, apa lagi kamu memustuskan ingin memelihara mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *