Tips Sederhana dalam Merawat Kucing

0 Comments

Bagi pecinta kucing, semalas – malas dan sengeselin – ngeselinnya kucing kita, tetap saja kita ingin yang terbaik untuk mereka. Selain menggemaskan, memiliki kucing juga efektif untuk mengurangi stres. Oleh karena itu kamu harus menjaga kucing agar tetap sehat agar dia energic dan semakin menggemaskan.

Nah, bagaimana cara merawat kucing dengan baik? Berikut ada cara merawat kesehatan kucing dengan baik dan benar.

Cara Merawat Kucing

1.Pahami Kebutuhan dan Asupan Gizi

Kamu harus mengerti asupan gizi yang baik bagi kucing kamu. Seperti jika kucing kamu masih merupakan kitten atau bayi kucing, usahakan asupan gizinya lebih besar 2x dibandingkan dnegan kucing dewasa. Namun bukan berarti kamu akan terus – terusan memberinya makan.

Anak kucing biasanya akan mulai untuk belajar makan setelah mereka berumur 5-6 minggu meski ia masih menyusu kepada induknya. Selain itu kamu dapat memberikan makanan secara rutin, seperti 4 kali setiap harinya. Pastikan juga kalau kamu memilih makanan kucing yang mengandung banyak vitamin juga nutrisi untuk kesehatan kucing itu sendiri.

2.Jangan Salah Beri Makan!

Terkadang banyak orang yang memiliki tak hanya 1 jenis hewan saja, mereka biasanya memiliki banyak jenis hewan dan memilih untuk menyamakan makanan mereka agar lebih praktis. Namun ternyata hal ini salah. Seperti memberikan makanan anjing kepada kucing.

Wajib untuk kamu ketahui, makanan anjing tidak memiliki nutrisi yang kucing butuhkan. Salah satunya adalah taurin, kandungan yang kucing butuhkan untuk mencegah penyakit jantung dan juga penglihatan kabur.

Selain itu kucing juga merupakan karnivora alami, jangan beri ia makanan berupa sayuran. Banyak yang memberikan kucing nasi, padahal hal ini susah untuk dicerna kucing dan kotorannya akan menjadi bau.

3. Mandikan Kucing Teratur

Kamu mulai tidak nyaman dengan bulu kucing yang bisa berbau? Nah, kamu harus memandikan kucing kamu sesekali. Sebaiknya pilih gunakan air dingin agar tidak merusak bulu an menyebabkan iritasi pada kucing. Jika kucing rewel saat sedang dimandikan, gunakan saja tisu basah. Agar lebih wangi, semprotkan parfum khusus kucing agar menghindari pertumbuhan kutu.

Setelah itu sikat bulu kucing secara rutin. Gunakan sisir khusus untuk menyikatnya, apalagi jika kucing yang kamu miliki merupakan kucing dengan bulu yang tebal. Selain kucing akan merasa lebih nyaman, hal ini bisa menghilangkan rambut mati, kuman, hingga bakteri di bulu kucing.

4.Lakukan kebiasaan ini

Kucing juga dapat bosan, jadi sebisa mungkin ajak ia bermain. Seperti membawanya jalan – jalan atau sedikit bersenang – senang. Kalau kucing sulit untuk diajak pergi – pergi, beli beberapa mainan kucing agar ia tetap lincah dan aktif.

Lalu pada saat kucing sudah beranjak dewasa, biasanya induknya  akan membiarkan anak kucing untuk bisa membersihkan dirinya sendiri. Seperti buang kotoran dan pipis. Kalau tidak diajarkan dengan benar, kucing dapat membuang kotoran juga pipis dimana saja. Oleh karena itu sebaiknya biasakan dia untuk membuang kotoran di litter box yang sudah disediakan.

5.Merawat Kebersihan dan Kesehatan Tubuhnya

Rajinlah bersihkan gigi, telinga, dan kuku kucing. Biasanya tempat – tempat ini rentan terkena kuman dan membuat kucing tidak nyaman atau bahkan hingga sakit karenanya. Selain membersihkannya, sesekali beri kucing obat cacing secara rutin, jangan lupa untuk berikan ia vaksin rabies setahun sekali.

Merawat kucing memang membutuhkan tanggung jawab yang besar dan tidak bisa main – main. Selain dituntut untuk bisa memahami kebutuhan si kucing, kamu juga harus siap direpotkannya kapan saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *