Tips Menjaga Kesehatan Hewan Kucing Peliharaan

0 Comments

Seperti yang kita tahu, hewan peliharaan terdiri dari berbagai jenis varian hewan lucu dan menyenangkan. Kucing merupakan jenis hewan peliharaan yang efektif saat mengurangi stres. Hewan ini juga cenderung aktif dan menggemaskan untuk dapat dijadikan teman di rumah. Untuk membuat kucing ini tetap aktif seperti biasanya adalah dengan menjaga kesehatan sesuai dari beberapa tips yang ada di bawah ini.

Cara Menjaga Kesehatan Hewan Peliharaan Kucing Dengan Baik

1. Memahami Kebutuhan dan Asupan Gizi

Kalian harus memahami beberapa hal, seperti anak kucing membutuhkan jumlah gizi dua kali lebih besar daripada kucing dewasa. Karena biasanya anak kucing akan mulai belajar makn saat setelah berusia 5 hingga 6 minggu. Kalian dapat memberikan makanan secara rutin 4 kali setiap harinya. Pastikan juga kalian memilih makanan kucing yang telah mengandung banyak vitamin serta nutrisi kesehatan kucing.

2. Kucing Merupakan Karnivora Alami

Berikan hewan kucing makanan yang berasal daridaging seperti ayam, sapi, maupun ikan. Karena, makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan seharusnya dihindari. Karena makanan tersebut tidak dapat dicerna dengan baik oleh kucing. Satu hal yang harus kalian ingat adalah jenis makanan yang ingin kalian berikan, juga harus dimasak dulu ya, sebelum dimakan oleh kucing hewan peliharaan kesayangan kalian.  

3. Memandikan Secara Teratur Kucing Peliharaan kalian

Hal selanjutnya adalah memandikan kucing secara teratur, saat memandikannya kalian dapat memilih air dingin. Karena jika memandikan dengan air panas, hanya akan merusak bulu, serta menyebabkan iritas kulit pada kucing. Untuk membuatnya harum dan lebih wangi, kalian dapat menggunakan tisu basah maupun parfum khusus kucing.

4. Menyikat Bulu Kucing Secara Rutin

Kalian dapat memanjakannya denga memulai sering menyikat bulu dengan sisir khusus. Terlebih lagi, jika kucing yang kliaan pelihara adalah kucing berbulu tebal. Menyisir atau menyikat bulu kucing, selain dapat membuat kucing merasa nyaman, hal ini juga dapat membantu menghilangkan rambut mati, kuman serta bakteri pada bulu kucing.

5. Pergi Keluar dan Bermain Dengannya

Untuk merawat kucing tetap sehat tidak hanya raga fisiknya saja, tetapi kesenang dalam diri hewan. Kalian dapat mengajaknya membawa berjalan-jalan ke keliling komplek ataupun kalian dapat membelikan mainan kucing agar, dapat membuatnya tetp aktif dan lincah.

6. Mengajarkan Kebiasaan Hidup Sehari-Hari

Untuk perbelanjaan ini baru dibangun dan memiliki 4 lantai, yaitu Directory Store Internasional, supermarket, bioskop, toko pakaian dan sebagainya. Fasilitas modern yang banyak disukai oleh banayk orang, antara lain bar, cafe, hingga pusat kebugaran.Biasanya kucing yang telah berusia satu bulan, induk kucing akan membiarkan anak kucing untuk membersihkan dirinya sendiri. Seperti halnya membuang kotoran dan pips, kalian dapat mengajarkan kebiasaan baik dengan menyediakan litter box untuk dijadikan toiletnya, tempat tidur, tempat makan, maupun minum khusus untuknya, agar hidup kucing lebih teratus saat dini.

7. Merawat Kebersihan & Kesehatan Tubuh

Dan yang terakhir adalah dengan rajin membersihkan gigi, telinga, dan kuku kucing. Karena hal ini yang rentan terhadap kuman dan bakteri. Jika dibiarkan kotor, hal ini dapat menyebabkan infeksi serta penyakit pada kucing. Kalian juga dapat memberikan kucing obat cacing dalam 3 bulan sekali. Jangn lupa, kalian memberikan vaksin rabies setahun sekali.

Itu di 7 hal cara menjaga kesehatan kucing yang dapat kalian pelajari. Sekian hal ini kami sampaikan, jagalah kebersihan dan kesehatan kucing kalian secara teratur, agar selalu terjaga kebersihan dan kesehatannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *